Arrow
Arrow
Slider


Website Resmi Pemerintah Kota Solok

Cuaca

Wednesday - November 22, 2017

Weather: 26°C

Solok - Forum Komunitas Wartawan Solok (F-Kuwas) merupakan organisasi yang kehadirannya diharapkan  mempunyai peran penting dalam mengembalikan citra pers yang profesional dan independen, Jumat (19/5/2017), komunitas wartawan lokal Solok ini menyelenggarakan (Mubes) Musyawarah Besar ke II, dalam rangka memilih kepengurusan organisasi yang baru.

 

Dalam kesempatan itu Wakil Walikota Solok Reinier dan Anggota DPD RI Nofi Candra menyempatkan diri menghadiri Musyawarah Besar (MUBES) II Forum Komunitas Wartawan Solok (F-KUWAS) sekaligus bersilahturahmi dengan rekan-rekan pers Solok di Rumah Makan Mamak Kito Simpang Rubio.

Nofi Candra meminta Kuwas adalah organisasi wadah yang bertujuan pembangunan daerah yang dengan pemberitaan yang profesional, serta mengembalikan citra pers menjadi lebih baik. “Hendaknya wartawan lebih meningkatkan profesionalisme. Sehingga tercipta wartawan yang kompeten dan mampu memberikan edukasi dan sumber informasi yang mencerdaskan masyarakat,” pintanya.

Wakil Walikota Solok Reinier yang juga hadir memberikan selamat kepada ketua terpilih dan menyambut positif kembali hidupnya dinamika dan kehidupan organisasi dalam kalangan wartawan di Solok. Dengan berorganisasi maka Wartawan Solok lebih hidup.

“Selamat kepada koordinator atau ketua terpilih, saya lihat dinamikanya sangat hidup dan berjalan dengan baik. Pandanglah ini sebagai sebuah amanah dalam memajukan dunia jurnalistik kedepannya, yang belum teramanahi tetap legowo dan tetap membantu jalannya organisasi,” ungkap Reinier didampingi Kabag Humas Nurzal Agustin.

Musyawarah yang dilaksanakan di ruang pertemuan salah satu Rumah Makan di Kawasan Simpang Rumbio, Kota Solok ditujukan untuk memilih kepengurusan yang baru dalam organisasi yang menaungi wartawan/i di wilayah Kota dan Kabupaten Solok.

Menurut Ketua periode 2012-2016, Wannedi Saman, keberadaan F-Kuwas sangat dibutuhkan sebagai tempat bernaung dan berbagi informasi serta berbagi pengalaman. Dengan adanya Forum ini, diharapkan mampu menjadi media pemersatu wartawan Solok, bahkan selama ini Kuwas menurutnya telah menjadi organisasi yang membawa Wartawan Solok menjadi lebih independen dan berkompeten.

“Banyak hal sebetulnya yang bisa kita lakukan melalui forum atau organisasi ini, bahkan melalui organisasi yang dibentuk sejak tahun 2007 kita juga bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, bahkan Kuwas adalah organisasi yang penyatu wartawan di Kota Solok yang selama ini kompak dan berjalan stabil,” jelas  Wannedi Saman.

Diceritakannya, organisasi F-Kuwas didirikan oleh sejumlah wartawan baik harian maupun mingguan sejak 10 tahun silam. Banyak lika-liku yang dijalani pengurus untuk menjakankan organisasi namun berkat kerjasama semua pihak bisa berjalan hingga kini.

Jalannya sidang Mubes ke II organisasi wartawan ini berlansung alot. Masing-masing calon ketua F-Kuwas menyimpan rapat-rapat niatnya, tak tampak riak keinginan mencalon dari awal sidang. Baru pada pleno ke IV terkuak, 6 wartawan yang punya keinginan memimpin F-Kuwas 4 tahun mendatang. Dan akhirnya terpilih Roni Natase dengan 13 suara. Sementara Yulichef Antoni 3 suara, Wahyu Yudistira 3 Suara, Rijal Islami 1 suata dan Am Charlen 1 suara.

Sementara itu, Ketua F-Kuas terpilih Roni Natase berharap organisasi Forum Komunitas Wartawan Solok (F-Kuwas), lebih menunjukkan rasa solidaritas dan kekompakannya untuk memberikan yang terbaik dan sesuai dengan fakta kepada khalayak luas.

Bahkan Roni Natase berkomitmen bahwa Kuwas akan menjadi komunitas yang akan mengembalikan citra pers yang akhir-akhir ini terus terpuruk khususnya di Kota Solok. Untuk menjadikan F-Kuwas sebagai organisasi yang akan menciptakan wartawan profesional serta kompeten.

“Saya tidak mau banyak janji, namun ke depan saya ingin Kuwas Solok lebih baik dan bergairah lagi, selama ini Wartawan di Kota Solok kurang kompak, kedepanya tidak ada lagi batasan antara yang senior dan junior, semua sama, sama rata dan sama rasa, sekarang saatnya perubahan untuk bersatu mengembalikan citra pers yang profesional sebagai pilar keempat bangsa ini,” kata Ron.

Sumber: Info Publik Solok