Arrow
Arrow
Slider


Pemerintah Kota Solok Mengucapkan : Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H "TAQOBBALALLAHU MINNA WA MINKUM"                                                                                                         Website Resmi Pemerintah Kota Solok

Cuaca

Tuesday - July 25, 2017

Weather: 19°C

Solok  – Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) jangan sampai hilang dan hanya menjadi legenda. Perhatian yang lebih dari pemerintah akan diberikan kepada pengurus dan semua anggota DPC LVRI Kabupaten dan Kota Solok, yang saat ini seharusnya sudah menikmati kemerdekaan yang sudah susah payah direbut dari para penjajah.Hal tersebut ditegaskan Wakil Walikota Solok Reinier Dt.Intan Batuah,ST,MM pada saat memberikan sambutannya dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) DPC LVRI Kabupaten dan Kota Solok ke 60 tahun 2017, bertempat di Gedung Juang 45, Kota Solok, Senin (8/5).

Peringatan HUT LVRI ke 60 tingkat Kabupaten dan Kota Solok kali ini, mengangkat tema “ LVRI senantiasa mengawal persatuan dan kesatuan bangsa dalam koridor Bhinneka Tunggal Ika”, turut dihadiri oleh ketua DPD LVRI Provinsi Sumatera Barat, H.Faisal Kasim, Kepala Minvet 1/33 Solok Mayor Tri Nasional, kadis Sosial Kabupaten Solok Raflis, perwakilan Polres Solok Kota, perwakilan Dandim 0309, Ketua DPC LVRI Kabupaten/Kota Solok H.Bustami dan para pejuang veteran yang tergabung dalam DPC LVRI Kabupaten/Kota Solok.

Lebih lanjut, Reinier menyebutkan, merupakan hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh Pemko Solok bersama dengan Pemkab Solok untuk mempertahankan adanya DPC LVRI di Kabupaten/Kota Solok ini. Tak hanya itu, untuk lebih mengenalkan LVRI kepada masyarakat, khususnya generasi muda, pada saat ini pemerintah Kota Solok tengah melakukan berbagai program dalam usaha penanaman pemahaman kepada para generasi muda. Hal tersebut dimaksudkan agar para generasi muda dapat mengetahui bagaimana susahnya para pejuang dahulu dalam merebut kemerdekaan dari para penjajah.

Menanggapi adanya laporan dari para veteran, tentang keadaan gedung juang 45 yang sudah sangat memprihatinkan, Wawako Reinier menuturkan bahwa pihak Pemko Solok telah mengirimkan tim dari Dinas PUPR Kota Solok untuk mengkaji dan melakukan perombakan terhadap gedung yang menjadi markas para legiun veteran tersebut.

“ Insya Allah dalam waktu dekat akan dimulai perombakan gedung juang 45 ini, hal ini supaya para pengurus dan anggota LVRI DPC kabupaten/kota Solok merasa nyaman nantinya,” ujar Reinier yang diiringi tepuk tangan dari para veteran.

Sementara itu, Ketua DPC LVRI kabupaten/kota Solok, H.Bustami menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dinsos Kota Solok dan Pemerintah Kota Solok yang terus berusaha untuk mensejahterajan para pejuang veteran di Kabupaten dan Kota Solok.

Selanjutnya, ketua DPD LVRI Provinsi Sumatera Barat, H.Faisal karim menyebutkan, dengan diberlakukan UU Nomor 15 Tahun 2012, yang berhak menjadi anggota LVRI tidak hanya para pejuang yang mengangkat senjata dan ikut berperang melawan penjajah. Namun para tentara pelajar yang bertindak sebagai kurir pada masa peperangan, para ibu-ibu yang berperan memenuhi kebutuhan makanan para tentara juga bisa dan dapat menjadi anggota LVRI.

“ Tentu saja hal ini berdasarkan ketentuan yang sudah diberlakukan, salah satunya yang sangat diperhatikan ialah calon anggota LVRI tersebut sudah berumur 14 tahun pada tahun 1949 tersebut,” ujar Faisal Karim.

Pada kesempatan tersebut, Faisal Karim mengharapkan seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk ikut andil dan menyumbangkan pemikirannya demi kemajuan dan kesejahteraan LVRI di Indonesia.

“ Sampai saat ini yang merasakan hasil dari perjuangan veteran ialah seluruh rakyat Indonesia, oleh karena itu kesejahteraan dan kemajuan LVRI tak hanya sekedar persoalan yang harus dipikirkan oleh pemerintah, TNI dan Polri saja. Keterlibatan seluruh rakyat dalam NKRI akan sangat diperlukan bagi para pejuang veteran yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari para penjajah,” Faisal Karim mengakhiri. (deni).

Sumber: Info Publik Solok

Dinas Pendidikan Kota Solok

Info Publik Solok

LPSE Solok

Sistem informasi Rencana Pengadaan Umum