Arrow
Arrow
Slider


Pemerintah Kota Solok Mengucapkan : Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H "TAQOBBALALLAHU MINNA WA MINKUM"                                                                                                         Website Resmi Pemerintah Kota Solok

Cuaca

Friday - July 21, 2017

Weather: 27°C

Solok  – Dalam rangka menuju Solok Smart City, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Solok bekerjasama dengan Kementerian Kominfo melakukan bimbingan teknis Sistem Administrasi Perkantoran Maya atau yang dikenal dengan siMAYA di Lingkungan Pemerintah Kota Solok pada tanggal 8 s/d 9 Mei 2017. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Walikota yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Rusdianto, S.IP, MM, Senin (8/5) di Aula Bappeda, yang dihadiri oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Se Kota Solok dan juga dihadiri oleh Direktur e-Government, Firmansyah Lubis beserta jajarannya yang juga bertindak sebagai Narasumber pada kegiatan ini.

Bimbingan teknis ini  diikuti oleh 180 orang peserta yang dibagi menjadi 4 sesi dalam 2 hari, untuk sesi pertama diikuti oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat daerah(OPD), Camat dan Lurah se Kota Solok dan diteruskan dengan sesi bimtek untuk Admin bagi seluruh OPD di Kota Solok. Untuk hari berikutnya akan diikuti oleh Pejabat Eselon III dan Eselon IV dari seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Solok.

Aplikasi siMAYA sendiri adalah aplikasi administrasi perkantoran bebasis Web atau awan. Dengan aplikasi ini proses manajemen persuratan yang biasanya dilakukan secara manual dapat dilakukan secara otomatis, sehingga memudahkan dalam proses administrasinya, pencarian dan pengarsipan.

Pada sambutannya Sekretaris Kota Solok  Rusdianto, S.IP, MM menyampaikan, dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses serta mekanisme kerja atau prosedur dalam sistem Pemerintahan maka diperlukan sistem Pemerintahan berbasis elektronik atau e- government, dan berharap kepada setiap Kepala OPD untuk proaktif dank komit serta konsisten dalam mensukseskan Aplikasi siMAYA pada lingkungan kerjanya masing masing, ungkapnya.

Diakhir sesi pertama yang diikuti Oleh kepala OPD ini Direktur e-Government , Firmansyah Lubis juga memberikan wawasan tambahan mengenai implementasi smart City diantaranya untuk menuju smart City diperlukan 3 komponen utama yaitu smart government, smart citizen dan smart services.(RJ/Berto)

Sumber: Info Publik Solok

 

Dinas Pendidikan Kota Solok

Info Publik Solok

LPSE Solok

Sistem informasi Rencana Pengadaan Umum