Arrow
Arrow
Slider


Website Resmi Pemerintah Kota Solok

Cuaca

Sunday - January 21, 2018

Weather: 29°C

Pengumuman Seleksi Programmer Kota Solok 2018

Dalam rangka Pengembangan dan Implementasi e-Government, pemerintah kota Solok membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk bergabung menjadi Programmer Pemerintah Kota Solok tahun 2018. Silahkan download persyaratan melalui link berikut :

Download persyaratan.pdf

Laporan RAD PPK B12 BKD Kota Solok

Berikut kami sampaikan Laporannya:

LaporanRADPPK

Data Penerima Hibah dan Bansos

Berikut kami sampaikan daftarnya :

Daftar Penerima

Solok  – Wakil Walikota Solok Reinier turun ke sawah melakukan panen perdana sawah demplot di Sawah Solok disamping Kantor PLN Solok, didampingi Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Erly Mesra, Danramil Capt Inf Simanjorang, Ketua LKAAM, Ketua P4S Kota Solok serta sejumlah pejabat lainya dan petani, Senin (10/04).

Wakil Walikota  Reinier mengatakan program tersebut perlu dukungan bersama, serta apresiasi dan penghargaan kepada Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadya (P4S) Surau Rukan yang telah mampu melahirkan kegiatan konkrit yang meningkatkan produksi padi di Kota Solok.“Program ini perlu dukungan bersama, sosialisasi yang luas kepada masyarakat petani. Sehingga berdampak pada produksi padi, jika panen meningkat maka dapat mengurangi keinginan pemilik lahan untuk alih fungsi lahan selain pertanian,”kata Reinier

“Pemko mengapresiasi gebrakan yang inovatif dari P4S Kota Solok, yang mengembangkan sektor pertanian padi sawah dan tanaman buah serta holtikultura. Sehingga produktivitas pertanian di Kota Solok meningkat tajam dan berdampak pada kesejahteraan petani,”kata Reinier.

Wakil Walikota menghimbau masyarat untuk memanfaatkan lahan-lahan yang masih kosong dan belum tergarap,”Saya harapkan P4S mentransfer ilmu kepada masyarakat sehingga masyarakat yang belum sadar, akan dapat mengelola lahan-lahannya yang masih kosong,”tukas Reinier.

Sementara itu Ketua P4S Kota Solok Arizal mengatakan, sejak 2010 silam, P4S telah membantu pemerintah dalam swasembada pangan,”Kita tengah mengembangkan padi di demplot dengan sistem Jajar Legowo 5:1 dengan sehingga menambah rangkai padi serta mengurangi tingkat kehampaan saat panen, dengan harapan jumlah panen meningkat bahkan lebih kurang 8 hingga 9 ton per hektar,” beber Arizal.

Selain padi, P4S juga mengembangkan cabe dan tomat di kawasan Gawan, melon emas dan tomat di kawasan Tanah Garam, dan pepaya madu di kawasan IX Korong. Selain menanam dan mengembangkan, P4S juga mendampingi sejumlah kelompok tani di Kota Solok.(Van)

Sumber : Info Publik Solok