Arrow
Arrow
Slider


Website Resmi Pemerintah Kota Solok

Cuaca

Monday - November 20, 2017

Weather: 27°C

Solok, Senin (13/2/2017) – Walikota Solok Zul Elfian letakan batu pertama Pembangunan Ponpes Sulaimaniyah Darianis Yatim, di Kelurahan Laing Kecamatan Tanjung Harapan (samping SMK Negeri 3 Kota Solok).

Kegiatan yang sangat diharapkan masyarakat Kota Solok itu disaksikan Direktur United Islamic Cultural Center of Indonesia (UICCI) Jakarta  Dr. Hakan Soydemir, Ferhad BAS, Hasan, Ketua Yayasan Sulaimaniyah Darianis Yatim Solok H. Yenon Corsa, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Kepala OPD, Ketua LKAAM, Ketua MUI, Tokoh Masyarakat, Bundo Kanduang, serta keluarga besar  Fitri  pewakaf tanah lebih kurang 1 hektar untuk pembangunan Podok Pesantren Sulaimaniyah Solok.

Direktur UICCI untuk Indonesia Dr. Hakan Soydemir menyatakan Pondok Pesantren Sulaimaniyyah memiliki 7.000 cabang di 130 negara seluruh dunia, untuk Asia Pasifik dimulai tahun 2005 dan sekarang  telah tersebar di 11 Negara, tahun 2017 mendatang akan dibuka cabang baru di Fiji  dan Timor leste. Ponpes Sulaimaniyah di Indonesia dimulai tahun 2005 dan sekarang telah berdiri 28 cabang, dengan jumlah santri yang akan tahfiz ada sebanyak 500 orang santri. Untuk menambah ilmu tahfiz dan memperdalam bahasa Turki bulan Juli mendatang akan dikirim 130 santri Indonesia ke Turki sebagai kelanjutan studinya yang didanai melalui program beasiswa Kementerian Agama RI. Pondok Pesantren Sulaimaniyah Kota Solok ini merupakan cabang pertama di Sumatera Barat dan kelima di Sumatera ” tutur Hakan yang mulai pasif bahasa Indonesianya.

“Pondok pesantren ini diharapkan dapat mewujudkan visi Kota Solok “Solok Kota Beras Serambi Madinah”. Selain itu lanjutnya “Program ini diharapkan dapat menciptakan anak yang sholeh dan cinta kepada alqur’an. Santri belajar 1 tahun di ponpes dan diwisuda, kemudian Santri dikirim ke Turki untuk melanjutkan studinya, ujar Hakan. selanjutnya santri akan dikembalikan lagi untuk mengembangkan dan membagi ilmu pada daerahnya masing-masing.

Walikota Solok H. Zul Elfian sambutanya menyatakan Program Ponpes Sulaimaniyyah merupakan salah satu gebrakan Kota Solok dalam mewujudkan “Kota Solok Serambi Madinah yang madani dan diberkahi”. Pondok Pesantren ini juga diharapkan kedepannya akan menciptakan anak-anak yang tahfiz Al Qur’an  dan mempunyai pribadi unggul yang akan siap dipakai pada seluruh dunia. Kepada Kepala OPD yang terkait Pembangunan Ponpes ini, agar dapat memfasilitasi percepatan proses pembangunannya seperti perijinan, IMB dan sebagainya, sehingga pada bulan Juni nanti kita sudah dapat menerima Santri Baru, lanjut Walikota Solok.