Wednesday - October 23, 2019

Weather: 25°C

arrow
arrow


Website Resmi Pemerintah Kota Solok

Sosialisasi

Event

Informasi Program Pelatihan Kejuruan di BBPLK Bandung

Program Pelatihan Kejuruan Teknik Otomotif, Teknik Manufaktur serta Bidang Refrigasi dan Tata Udara (Teknik Dingin)

Download Lampiran

Seleksi dan Wisuda 1000 Tahfizh Al-Qur'an

Dalam rangka meningkatkan Pembinaan dan Pengembangan Tahfizhul Quran di Kota Solok, Pemerintah kota Solok akan melaksanakan kegiatan seleksi dan Wisuda 1000 hafizh Alquran yang yang insyaAllah akan dilaksanakan pada bulan Oktober s/d November 2019. Untuk info lebih lanjut, silahkan download lampiran berikut :

Download Lampiran

Pengumuman Himbauan Penyebarluasan Konten

Sehubungan dengan semakin banyak dan derasnya arus informasi yang beredar saat ini sehingga terkadang konten yang disebarluaskan tidak terkait dengan informasi pemerintahan maupun program/kegiatan, sehingga dalam rangka ketertiban dan etika kita semua dalam bersosial media kami menghimbau bagi semua pihak agar :

Download lampiran

Solok, Kamis (30 Mei 2019) – DPRD Kota Solok menggelar Rapat Paripurna persetujuan bersama terhadap Ranperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2010 tentang RPJPD Tahun 2005-2025 dan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Solok terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Solok Tahun 2018. Sidang Paripurna tersebut dihadiri oleh Walikota Solok, Zul Elfian, Sekretaris Daerah, Rusdianto, Forkompimda Kota Solok, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Solok, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemko Solok, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, BUMN/BUMD, Ormas, Insan Pers serta tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Can, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa Laporan Keterangan Pertanggungjawaban pelaksanaan Pemerintahan Daerah merupakan suatu instrumen pengawasan politik bagi DPRD untuk dapat mengukur sejauh mana pelaksanaan anggaran daerah yang dialokasikan untuk pembangunan dan pelayanan publik di Kota Solok pada Tahun Anggaran 2018. Selain itu pula LKPJ dapat dilihat sebagai instrumen penilaian terhadap target capaian kinerja Pemerintah Daerah di Tahun 2018.

Dalam rapat paripurna LKPJ Walikota Solok Tahun 2018, DPRD Kota Solok menyampaikan beberapa rekomendasi yang dibacakan oleh Yosri Martin, S.Sos diantaranya, Walikota agar lebih teliti dalam menyusun dan membuat laporan secara sistematis dengan tetap berpedoman pada peraturan Perundang-undangan yang berlaku sehingga tidak terjadi kesalahan dan kekeliruan serupa dikemudian hari.

Berikutnya, Walikota perlu membentuk tim khusus yang terdiri dari tim ahli dan tim teknis yang bertugas memeriksa dan menyinkronkan program atau kegiatan yang ada dalam RKPD. Untuk arah kebijakan umum Pemerintah Daerah di rekomendasikan bahwa untuk ke depannya Walikota Solok bersama-sama DPRD Kota Solok perlu meninjau kembali dokumen perencanaan daerah khususnya yang terdapat dalam RKPD dan melakukan perbaikan pada tujuan, strategi, indikator kinerja dan target kinerja

Selain itu, masih banyak OPD belum mampu merealisasikan 100 % target pendapatan daerah dan belanja daerah tahun 2018 dan belum mampu mengoptimalkan anggaran yang tersedia sehingga mengalami kelebihan dalam jumlah yang tidak kecil, untuk itu ke depannya Walikota Solok harus lebih aktif mendorong seluruh OPD agar mampu merealisasikan target pendapatan daerah.

Dalam urusan Konkuren atau fungsi penunjang urusan pemerintah daerah dan urusan pemerintah umum, DPRD Kota Solok berikan beberapa rekomendasi diantaranya pada Dinas Pendidikan agar Walikota Solok melakukan evaluasi terhadap kinerja bagian PAP dan OPD yang tidak tepat waktu pelimpahan paket lelang pengadaan kepada ULP, serta meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Pusat jika anggaran bersumber dari APBN/APBD Provinsi agar mendapatkan Juknis dan Juklak dalam pencairan dana tersebut.

Untuk penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dialokasikan dana sebesar Rp. 345.483.000 dengan realisasi sebesar Rp. 115.713.747 (33,49%) dengan realisasi fisik 100 %, DPRD memandang perlu agar pemerintah Daerah dapat meningkatkan kesejahteraan guru PAUD. Untuk bidang Kesehatan terutama terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas rawat inap anak dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat untuk sarana prasarananya yang mengalami kerusakan agar dapat dianggarkan pada perubahan APBD, jika perlu rawat inap anak tersebut dijadikan UPTD tersendiri di bawah naungan Dinas Kesehatan.

Walikota Solok dalam pendapat akhirnya menyampaikan terima kasih untuk segala masukkan saran dan harapan yang disampaikan pimpinan dan anggota Dewan, khususnya kepada ketua dan anggota Pansus yang telah bekerja dan menyelesaikan pembahasan Ranperda ini dengan baik dan akan menjadi perhatian yang sungguh-sungguh dari Pemerintah Daerah.

Pemerintah Daerah dan DPRD sebagai penyelenggara pemerintah di Daerah telah dan akan selalu berupaya semaksimal mungkin dan sungguh-sungguh memerankan serta melaksanakan fungsinya dengan baik dan benar dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah pada umumnya, termasuk dalam memproses produk hukum seperti Perda sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Terkait rekomendasi dan catatan strategis dari DPRD Kota Solok terhadap LKPJ Walikota Solok tahun 2018 sangat kami pahami dan insya allah akan kita tindak lanjuti di masa yang akan datang. Langkah seperti inilah yang akan membangun sinergi antara legislatif dan eksekutif dalam mempercepat proses pembangunan Kota Solok di masa yang akan datang,” tutur Walikota.

0
0
0
s2sdefault

Link

Logo KPU

 

Logo KPU

Logo KPU

 

Kontak Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok

Jln. Puti Indojati Kelurahan IX Korong
Kota Solok, Sumatera Barat
Telp. (0755) 20051 Email : kominfo@solokkota.go.id

Polling

Bagaimana pendapat anda terhadap isi dari website ini?

Jumlah Kunjungan

730407

Video Solok