Wednesday - October 23, 2019

Weather: 25°C

arrow
arrow


Website Resmi Pemerintah Kota Solok

Sosialisasi

Event

Informasi Program Pelatihan Kejuruan di BBPLK Bandung

Program Pelatihan Kejuruan Teknik Otomotif, Teknik Manufaktur serta Bidang Refrigasi dan Tata Udara (Teknik Dingin)

Download Lampiran

Seleksi dan Wisuda 1000 Tahfizh Al-Qur'an

Dalam rangka meningkatkan Pembinaan dan Pengembangan Tahfizhul Quran di Kota Solok, Pemerintah kota Solok akan melaksanakan kegiatan seleksi dan Wisuda 1000 hafizh Alquran yang yang insyaAllah akan dilaksanakan pada bulan Oktober s/d November 2019. Untuk info lebih lanjut, silahkan download lampiran berikut :

Download Lampiran

Pengumuman Himbauan Penyebarluasan Konten

Sehubungan dengan semakin banyak dan derasnya arus informasi yang beredar saat ini sehingga terkadang konten yang disebarluaskan tidak terkait dengan informasi pemerintahan maupun program/kegiatan, sehingga dalam rangka ketertiban dan etika kita semua dalam bersosial media kami menghimbau bagi semua pihak agar :

Download lampiran

Solok, Sabtu (1- Juni - 2019) - Pemerintah Kota Solok melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wali Kota Solok Zul Elfian dan Pemimpin Upacara, Aditya Nugraha bertempat di halaman Balaikota Solok.

Upacara berlangsung khidmat, dihadiri penuh semangat oleh seluruh ASN di Lingkungan Pemko Solok meskipun dalam suasana puasa Ramadhan dan memasuki libur Lebaran.

Turut hadir juga Wakil Wali Kota Solok Reinier, Wakil Ketua DPRD Kota Solok Irman Yefri Adang, Forkopimda Kota Solok, Ketua LKAAM Kota Solok, H. Rusli Khatib Sulaiman, Ketua TP PKK Kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian, Ketua GOW Kota Solok Elfia Reinier, Ketua Dharma Wanita Kota Solok Ria Rusdianto, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Sitta Novembra, Kepala Instansi vertikal, BUMN, BUMD, TNI, Polri, OKP dan para Kepala OPD beserta jajaran.

Wali Kota Solok Zul Elfian dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono, mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para ‘pendiri bangsa’, merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam konteks itulah, sesuai dengan pesan Presiden, bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan.

Pertama, kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

Sebagai bangsa besar, kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah disebut ‘Jas Merah’. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional.

Dengan merayakan hari kelahiran Pancasila, kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Pancasila sebagai ‘Leitstars Dinamis’, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Serta, sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia.

Untuk itu, diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan yang demokratis. Budaya politik yang dapat menumbuhkan dan merawat harapan, bukan politik yang menimbulkan ketakutan. Kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur.

Peringatan Hari Lahir Pancasila perlu diharapkan dengan ditandai dengan semangat gotong royong, terutama persiapan dan penyelenggaraanya. Dengan semangat gotong royong perayaan ini menjadi milik bersama.

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi ‘Politik Harapan’ dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tutup Walikota membacakan sambutan tertulis Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

0
0
0
s2sdefault

Link

Logo KPU

 

Logo KPU

Logo KPU

 

Kontak Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok

Jln. Puti Indojati Kelurahan IX Korong
Kota Solok, Sumatera Barat
Telp. (0755) 20051 Email : kominfo@solokkota.go.id

Polling

Bagaimana pendapat anda terhadap isi dari website ini?

Jumlah Kunjungan

730408

Video Solok