Tuesday - December 18, 2018

Weather: 25°C

arrow
arrow


SELAMAT HARI JADI KOTA SOLOK Ke-48 Solok Kota Beras Serambi Madinah

Sosialisasi

Event

Tour de Singkarak

Pengumuman Jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kota Solok

Pengumuman Himbauan Penyebarluasan Konten

Sehubungan dengan semakin banyak dan derasnya arus informasi yang beredar saat ini sehingga terkadang konten yang disebarluaskan tidak terkait dengan informasi pemerintahan maupun program/kegiatan, sehingga dalam rangka ketertiban dan etika kita semua dalam bersosial media kami menghimbau bagi semua pihak agar :

Download lampiran

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Derektur PDAM Kota Solok 2019

Solok, (12 November 2018) – Wakil Walikota Solok, Reinier, ST., MM melakukan field day Sekolah Lapang Padi Tanam Terpadu (SL PTT) di Kelurahan Simpang Rumbio. SL PTT merupakan sekolah lapang untuk petani guna mempelajari cara budidaya padi sawah. Sebagai akhir dari rangkaian SL PTT dilakukan field day sekaligus sosialisasi mesin combine harvester untuk membantu panen.

Turut dalam acara field day Anggota Komisi IV DPR RI, Drs. Hasanuddin, M.Si., Pasiter Kodim 0309 Solok, Kapten Suryadi yang mewakili Dandim, Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Ir. Ikhvan Marosa, Camat Lubuk Sikarah, Lurah Simpang Rumbio dan para pemuka masyarakat lainnya serta diikuti oleh seluruh penyuluh dan perwakilan kelompok tani/gapoktan se Kota Solok.

Menurut Sari Agus Pendi, penyuluh wilayah binaan Simpang Rumbio dan KTK, field day ini telah diuasahakannya selama 4 bulan terakhir. Dia bercita-cita agar kehilangan hasil panen padi dapat diminimalisir. Dengan menggandeng tukang lambuik, Sari Agus Pendi berkeyakinan combine harvester ini digunakan oleh petani Simpang Rumbio tanpa harus mengorbankan mata pencaharian tukang lambuik tersebut.

“Saat ini pemerintah tengah gencar memaksimalkan penggunaan mekanisasi pertanian dengan alat dan mesin. Tujuan mekanisasi pertanian adalah mengurangi kejerihan kerja dan meningkatkan efisiensi tenaga manusia, mengurangi kerusakan produksi pertanian, penurunkan ongkos produksi, menjamin kenaikan kualitas dan kuantitas produksi, meningkatkan taraf hidup petani dan memungkinkan pertumbuhan ekonomi subsisten (Tipe Pertanian Kebutuhan Keluarga) menjadi Tipe Pertanian Komersil (Comercial Farming),” Ujar Reinier dalam sambutannya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dalam laporan pelaksanaan menyampaikan Demonstrasi penggunaan alat dan mesin pertanian, khususnya combine harvester dianggap efektif untuk mengenalkan kepada petani cara penggunaan, kemudahan dan hasil yang diperoleh menguntungkan. Kegiatan ini merupakan perpaduan dari Sekolah Lapang Padi Tanam Terpadu yang pada tahun ini dilaksanakan pada 9 kelompok tani se Kota Solok, dengan rincian 4 kelompok diselenggarakan dari dana APBD dan 5 kelompok dari dana APBN.

Dalam acara diskusi petani Kelurahan Simpang Rumbio menyatakan ingin membangun telaga biruhun untuk dijadikan embung agar sawah mereka dapat ditanami padi sepanjang tahun. Selain itu petani juga menginginkan agar bantuan alat dan mesin pertanian sesuai spesifik lokasi. Khususnya di Kota Solok, petani menginginkan alat dan mesin pertanian yang kecil sehingga mudah digunakan pada sawah dengan topografi miring dan mempunyai petakan kecil.

Dalam acara field day panen ini juga diumumkan para pemenang kelompok tani pelaksana dan penyuluh penerap teknologi jajar legowo. Untuk kelompok tani pelaksana teknologi jajar legowo, keluar sebagai pemenang I adalah Kelompok Tani Harapan Baru dari Kelurahan Tanjung Paku. Pemenang ke II adalah Kelompok Tani Sarang Alang dari Kelurahan Laing dan Pemenang ke III adalah Kelompon Tani Serba Usaha dari Kelurahan Tanah Garam. Untuk Penyuluh Penerap Teknologi Jajar Legowo jatuh pada Melda, SP. Sebagai penyuluh wilayah binaan Tanah Garam RW II dan RW III

0
0
0
s2sdefault

Link

Logo KPU

 

Logo KPU

Logo KPU

 

Kontak Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok

Jln. Puti Indojati Kelurahan IX Korong
Kota Solok, Sumatera Barat
Telp. (0755) 20051 Email : kominfo@solokkota.go.id

Polling

Bagaimana pendapat anda terhadap isi dari website ini?

Jumlah Kunjungan

289616

Video Solok