Tuesday - December 18, 2018

Weather: 22°C

arrow
arrow


SELAMAT HARI JADI KOTA SOLOK Ke-48 Solok Kota Beras Serambi Madinah

Sosialisasi

Event

Tour de Singkarak

Pengumuman Jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kota Solok

Pengumuman Himbauan Penyebarluasan Konten

Sehubungan dengan semakin banyak dan derasnya arus informasi yang beredar saat ini sehingga terkadang konten yang disebarluaskan tidak terkait dengan informasi pemerintahan maupun program/kegiatan, sehingga dalam rangka ketertiban dan etika kita semua dalam bersosial media kami menghimbau bagi semua pihak agar :

Download lampiran

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Derektur PDAM Kota Solok 2019

Solok, Rabu (12 September 2018) – Kota Solok Gelar Kontes Ternak Perdana dalam rangka Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Tingkat Kota Solok Tahun 2018 di Lapangan Pacuan Kuda Ampang Kualo Kelurahan Kampung Jawa, Kota Solok.

Kontes Ternak ini diselenggarakan untuk menjaring hewan ternak sapi dan kambing yang akan dibawa ke acara yang sama di tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan diadakan di Kabupaten Pesisir Selatan pada tanggal 27 s.d 30 September 2018.

Acara ini dibuka oleh Wakil Walikota Solok, Reinier. Turut hadir pada pembukaan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat drh. Erinaldi, MM., Asisten II Jefrizal, S.Pt., M.T., Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Ir. Ikhvan Marosa, Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kanduang dan Kepala Perangkat Daerah se- Kota Solok.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Solok mengatakan bahwa hambatan utama usaha ternak di Kota Solok ada tiga yaitu informasi, pakan dan modal. Wawako meminta Camat dan Lurah untuk mendata pemuda-pemuda Kota Solok yang memiliki keinginan kuat untuk beternak.

“Terdapat sekitar 60 milyar dana KUR untuk Kota Solok yang dapat dimanfaatkan untuk usaha ternak, dari pada uang disimpan di bank tidak termanfaatkan, lebih baik digunakan untuk beternak sapi dengan proyeksi keuntungan sekitar 6 juta per bulan,” tutur Reinier.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Propinsi Sumatera Barat menyampaikan kegembiraannya atas terselenggaranya kontes ternak ini. “Kota Solok yang berada di pertigaan kawasan diharapkan menjadi pusat bisnis peternakan. Prospek usaha peternakan sangat menjanjikan, untuk pakan bisa hanya dengan mengandalkan limbah pertanian seperti jerami, batang jagung hasil panen dan sisa pengolahan tahu, sehingga praktis hanya upah angkut saja yang menjadi biaya produksi,” ungkap Erinaldi.

Kepala Dinas Pertanian Kota Solok dalam laporannya, menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan persiapan yang singkat namun bisa menghadirkan ternak melebihi target. Dari target awal hanya menghadirkan 10 ekor sapi ternyata bisa menghadirkan 20 ekor sapi. Direncanakan kedepannya Kontes Ternak Tingkat Kota Solok ini akan diselenggarakan secara rutin setiap tahun dan dikemas sedemikian rupa sehingga lebih meriah.

Pada Kontes Ternak Tingkat Kota Solok 2018 ini keluar sebagai juara I untuk kategori Sapi Simental Dewasa adalah sapi milik Jhon dari Tanah Garam, sedangkan juara II sapi milik Yon Pamer Dt. Rajo Ameh dari VI Suku. Kelompok Tani Ternak Maju Bersama memborong Juara I dan II untuk kategori Sapi Simental Anak.

Sedangkan untuk kategori kambing PE jantan, keluar sebagai juara I adalah sapi milik Marwansyah dari Kampung Jawa dan juara II kambing milik Bakri dari KTK. Untuk kambing PE betina juara I milik Bakri dari KTK dan juara II kambing milik Marwansyah dari KTK.

Kategori terakhir adalah untuk pemeliharaan terbaik yang jatuh pada sapi milik Iman Gazali dari Kampung Jawa. Pada akhir acara dilakukan diskusi antara Wakil Walikota Solok dengan peternak peserta lomba dan masyarakat

0
0
0
s2sdefault

Link

Logo KPU

 

Logo KPU

Logo KPU

 

Kontak Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok

Jln. Puti Indojati Kelurahan IX Korong
Kota Solok, Sumatera Barat
Telp. (0755) 20051 Email : kominfo@solokkota.go.id

Polling

Bagaimana pendapat anda terhadap isi dari website ini?

Jumlah Kunjungan

289668

Video Solok