Arrow
Arrow
Slider


Website Resmi Pemerintah Kota Solok

Cuaca

Monday - September 25, 2017

Weather: 27°C

Solok, Kamis (26/1) – Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Perpustakaan Umum bekerjasama dengan Yayasan Gemar Membaca Indonesia melaunching program buku bergilir (Bulir),

di aula Dinas Perpustakaan Umum Kota Solok, untuk meningkatkan minat baca masyarakat umum.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Dra.HJ.Mursiati,MM dalam laporanya mengatakan, saat ini minat baca dan jumlah kunjungan ke perpustakaan umum Kota Solok sangat memprihatinkan. Masyarakat belum memanfaatkan fasilitas ini secara baik, padahal jenis buku yang tertsedia sudah hampir lengkap. Hal itu tergambar dari data yang ada Sepanjang tahun 2016, hanya 5,2 persen atau sekitar 706 orang dari 13.641 total kunjungan keseluruhan yang datang ke perpustakaan umum Kota Solok.

Wakil Walikota Solok, Reinier, ST, MM  menyambut baik dan mendukung pelaksanaan program Buku Bergulir tersebut. “Program ini sangat bagus, saya minta minggu depan program ini sudah direalisasikan ke daerah pilot project awal,” ujar Reinier.

Untuk tahap awal, program bulir akan dilakukan di 4 Kelurahan sebagai percontohan dari 2 kecamatan di Kota Solok. Untuk Kecamatan Lubuk Sikarah akan dilaksanakan di Kelurahan VI Suku dan Kelurahan Tanah Garam. Sementara itu, di Kecamatan Tanjung Harapan akan dilaksanakan di Kelurahan Kampung Jawa dan Kelurahan Nan balimo.

Petugas akan langsung mengantarkan buku ke rumah rumah dan buku akan digilir tiap 2 minggu sekali. Setiap paket buku terdiri dari 5 buah buku yang disesuaikan dengan kebutuhan keluarga, diantaranya buku anak-anak, buku kesehatan, buku keterampilan, buku sejarah dan novel.