Arrow
Arrow
Slider


- Website Resmi Pemerintah Kota Solok -

Cuaca

Friday - April 27, 2018

Weather: 24°C

Buku Profil Gender Kota Solok Tahun 2017

Berikut kami tampilkan Buku Profil Gender Kota Solok tahun 2017, info lengkap silahkan di lihat pada link di bawah ini :

Download lampiran.pdf

Solok, (13 April 2018)– Sebanyak 719 Qori dan Qoriah yang berasal dari 13 Kelurahan yang ada di Kota Solok memulai perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Kota Solok ke XXXVIII, 13-16 April 2018. Bertempat di halaman Mesjid Agung Al Muhsinin, MTQ Tingkat Kota Solok resmi dibuka pada Jumat pagi (13/4/2018) dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Kakanwil Kemenag Prov. Sumatera Barat. Acara pembukaan didahului Pawai Taaruf dari Lapangan Merdeka menuju Mesjid Agung Al-Muhsinin yang diikuti ratusan kafilah dan pelajar di Kota Solok.

Pada Pelaksanaan MTQ Tingkat Kota Solok ke 38 ini, Kecamatan Lubuk Sikarah bertindak sebagai tuan rumah yang tersebar di 11 mesjid dan sekolah, mempertandingkan sebanyak 28 cabang perlombaan MTQ.

Adapun cabang lomba tersebut yaitu Tilawah TK, Khutbah Jumat, Tafsir Bahasa Arab, Tartil Dasar, Syahril Qur’an, M2IQ, Tilawah Remaja, Fahmil Qur’an, Kitab Standar, Khat Naskah, Khat Hiasan Mushaf.

Selanjutnya, Tahfidz Lansia Non Tilawah, Tartil Menengah, Tilawah Cacat Netra (Canet), Qiraat Al Qur’an, Tahfidz 1 Juz Tilawah dan Non Tilawah, Tilawah Anak-anak, Tahfidz 5,10,20,30 Juz Tilawah & Non Tilawah, Tilawah, Tafsir Bahasa Indonesia, Tartil Menengah, Tartil Umum, Khat Dekorasi, Khat Kontemporer.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Muhammad Yani mengungkapkan, dengan adanya momentum MTQ tingkat Kota Solok tentunya dapat meningkatkan nilai ukhuwah ummat serta memberikan efek positif bagi peserta dan masyarakat untuk lebih menggali isi Al-Quran.

Dia mengajak peserta, panitia mupun juri untuk menjalankan lomba dengan sportif dan profesional, sebab hasil MTQ juga akan menentukan Kafilah Kota Solok untuk MTQ Nasional tingkat Sumbar nantinya.

Lebih lanjut M. Yani juga menyampaikan penyelenggaraan MTQ ini dapat dijadikan tolak ukur bagi Kota Solok untuk mempersiapkan diri menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Sumatera Barat tahun 2019 mendatang.

Walikota Solok H. Zul Elfian mengatakan ajang MTQ Nasional Tingkat Kota Solok merupakan salah satu media dalam menumbuhkan semangat belajar generasi muda dalam mempelajari ilmu membaca maupun menghafal serta memahami isi Al-Quran.

“Tentunya juga sekaligus sebagai media dalam menjaring bibit-bibit Qori dan Qoriah terbaik tingkat Kota Solok,” ungkap Zul Elfian

Diakui Zul Elfian, banyaknya bibit pembaca dan penghafal Al-Quran tidak lahir begitu saja, namun melalui melalui proses dan bimbingan dari guru mengaji dan MDTA, yang mengajar penuh dengan dedikasi dan keikhlasan.

Kedepan, Zul Elfian berharap akan semakin banyak Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) atau satuan pendidikan non formal agama Islam lainnya di Kota Solok, sehingga generasi muda lebih mudah aksesnya untuk belajar agama dan Al-Quran sejak dini
“Tidak saja satuan pendidikan formal maupun non formal yang menentukan kualitas dan karakter pendidikan anak, tapi juga bimbingan orang tua di rumah. Kenalkan anak dengan Al-Quran sejak dini,” ajak Zul Elfian.

0
0
0
s2sdefault