Arrow
Arrow
Slider


- Website Resmi Pemerintah Kota Solok -

Cuaca

Friday - April 27, 2018

Weather: 24°C

Buku Profil Gender Kota Solok Tahun 2017

Berikut kami tampilkan Buku Profil Gender Kota Solok tahun 2017, info lengkap silahkan di lihat pada link di bawah ini :

Download lampiran.pdf

Solok - Wakil Walikota Solok Reinier, ST, MM beserta puluhan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pelaku wisata Kota Solok melaksanakan orientasi lapangan ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan yang dimulai dari tanggal 9 April sampai 12 April 2018 ini, turut didampingi Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Solok Ny. Elfia Reinier, serta Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Hj. Elvi Basri.
 
Rombongan tersebut, Selasa (10/4) mengunjungi Dusun Pentingsari, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dusun Pentingsari merupakan wilayah yang berbetuk seperti semenanjung dimana sebelah Barat terdapat lembah yang sangat curam yaitu Kali Kuning dan sebelah Selatan terdapat lembah yang berupa Gua Ledok/Ponteng dan Gondoran. Sebelah Timur Dusun terdapat lembah yang curam yaitu Kali Pawon dan sebelah Utara merupakan dataran yang dapat berhubungan langsung dengan tanah di sekeliling Kelurahan Umbulharjo sampai pelataran Gunung Merapi.
 
Meski memiliki alam yang bagus, masyarakat Pentingsari tetap memiliki kehidupan yang sederhana, kegiatan yang memanfaatkan media apa yang mereka miliki dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut justru menjadi sesuatu yang luar biasa bagi orang-orang yang sudah jenuh dengan kehidupan perkotaan. Dusun Pentingsari sudah dibangun sejak tahun 2008, dengan konsep salah satunya mengacu pada pengembangan desa wisata di Yogyakarta, khususnya Kabupaten Sleman.
 
Dengan menjual kehidupan keseharian, Desa Pentingsari dijadikan salah satu destinasi wisata. Desa ini tidak menjual fasilitas mewah, homestay dibangun dengan standar rumah biasa atau satndar minimal tempat tinggal. aktifitas sehari-hari yang dilakukan dan diikuti oleh pengunjung seperti berinteraksi dengan alam dan seni budaya menjadikan Desa Wisata Pentingsari menjadi menarik.

Sebelumnya, saat pengukuhan Pokdarwis, Wawako Reinier berpesan kepada Pokdarwis agar sosialisasi sadar wisata turut membentuk pengertian dan pemahaman masyarakat disekitar destinasi wisata.

Hal itu diperlukan agar masyarakat menjadi semakin bertanggung jawab dan berperan aktif dalam membantu keberhasilan pembangunan kepariwisataan, serta akan dapat membentuk masyarakat pengelola pariwisata yang berkualitas dengan memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam pengelolaan Pariwisata Daerah.

0
0
0
s2sdefault