Arrow
Arrow
Slider


Website Resmi Pemerintah Kota Solok

Cuaca

Sunday - January 21, 2018

Weather: 25°C

Pengumuman Seleksi Programmer Kota Solok 2018

Dalam rangka Pengembangan dan Implementasi e-Government, pemerintah kota Solok membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk bergabung menjadi Programmer Pemerintah Kota Solok tahun 2018. Silahkan download persyaratan melalui link berikut :

Download persyaratan.pdf

Laporan RAD PPK B12 BKD Kota Solok

Berikut kami sampaikan Laporannya:

LaporanRADPPK

Data Penerima Hibah dan Bansos

Berikut kami sampaikan daftarnya :

Daftar Penerima

Solok, Selasa (12/12) – Tim Penilai PKK KB-Kes Tahun 2017 Provinsi Sumatera Barat kunjungi Kelurahan Sinapa Piliang Kota Solok yang disambut langsung oleh Walikota Solok Zul Elfian, di halaman Kantor Lurah Sinapa Piliang. Tim Penilai PKK KB-Kes Provinsi Sumatera Barat ini berjumlah 4 (empat) orang yang diketuai oleh dr. Weni.

Penilaian PKK KB-Kes ini juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian, Sekda Kota Solok Rusdianto, S.IP, MM, Ketua LKAAM Kota Solok H. Rusli Khatib Sulaiman, Forkopimda, Kepala-Kepala OPD yang terkait, Camat dan Lurah se-Kota Solok beserta kader dan tokoh masyarakat kelurahan Sinapa Piliang.

Walikota Solok Zul Elfian dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan kesatuan gerak PKK KB-Kes ini yang telah banyak menunjukkan nilai positif dan hasil yang nyata ditengah masyarakat. Seluruh OPD terkait beserta seluruh masyarakat sangat mendukung kegiatan PKK KB-Kes ini karena melalui kesatuan gerak ini semua bisa bersama-sama mensukseskan program PKK, KB dan Kesehatan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat”, kata Zul Elfian.

Pada kesempatan ini Zul Elfian juga menyampaikan program inovasi dari Pemda dan Dinas Kesehatan yaitu Reward berhenti merokok bagi masyarakat Kota Solok yang tidak mampu dan akan mendapatkan reward berupa uang tunai sebesar Rp.750.000,- bagi yang telah berhenti merokok selama 4 bulan berturu-turut atau lebih dengan Pemeriksaan Co Analizer terlebih dahulu di Klinik Berhenti Merokok Puskesmas Nan Balimo.

Selanjutnya dr. Weni sebagai ketua Tim Penilai PKK KB-Kes Provinsi Sumatera Barat mengatakan bahwa Kota Solok masuk ke dalam 3 (tiga) nominasi yaitu Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), Kesatuan gerak PKK KB-Kesehatan. Tahun 2016 ada 7 kab/kota di Sumbar yang masuk nominasi tingkat nasional dan tahun 2017 ada 6 kab/kota, tetapi belum ada yang meraih terbaik 1 nasional, kita berharap semoga tahun 2018 ini mudah-mudahan Kota Solok dapat mewakili Provinsi Sumbar dan melaju ke tingkat Nasional, tutur dr. Weni.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian dalam Ekspose mengatakan selamat kepada Kelurahan Sinapa Piliang yang telah terpilih untuk mewakili Kota Solok untuk Lomba PKK KB-Kes tahun 2017 ini, dan terimakasih juga kepada semua lintas sektor dan OPD terkait yang telah mendukung dan bekerja sama sehingga kita dapat mengikuti lomba ini dengan sebaik-baiknya dan semoga kita mendapat juara dalam lomba PKK KB-kes ini”, ujar Ny. Zulmiyetti.

Pada kesempatan ini, Ny. Zulmiyetti juga menyampaikan tema dari PKK KB-Kes ini adalah “Dengan kesatuan gerak PKK KB-Kesehatan kita lakukan percepatan program pokok PKK untuk mewujudkan Visi dan Misi gerak PKK”. Sederet prestasi yang telah diraih oleh Kota Solok dalam hal PKK KB-Kes yang salah satunya menjadi nomor 3 terbaik Posyandu Tingkat Nasional tahun 2016, ujar Ny. Zulmiyetti.

Salah satu agenda pada penilaian PKK KB-Kes ini juga dilakukan Deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau stop buang air besar sembarangan untuk kelurahan Sinapa Piliang dan Kelurahan IX Korong yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kota Solok. Rangkaian kegiatan penilaian selanjutnya yaitu audiensi antara tim penilai dengan kader-kader yang terbagi ke dalam 3 nominasi yaitu PHBS, LBS dan kesatuan gerak PKK KB-Kes. Kemudian dilanjutkan dengan pemantauan langsung kelapangan oleh tim penilai PKK KB-Kes yang didampingi oleh kader-kader beserta lintas program dan lintas sektor serta OPD terkait.