Arrow
Arrow
Slider


- Website Resmi Pemerintah Kota Solok -

Cuaca

Wednesday - April 25, 2018

Weather: 24°C

Buku Profil Gender Kota Solok Tahun 2017

Berikut kami tampilkan Buku Profil Gender Kota Solok tahun 2017, info lengkap silahkan di lihat pada link di bawah ini :

Download lampiran.pdf

Solok, Senin (27/11) – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Solok di Aula Bappeda. Kegiatan  dibuka Wakil Walikota Reinier,ST.MM didampingi Kepala Dinas Kominfo Zulfadli,SH,M.Si.

Kadis Kominfo Zulfadli, SH,M.Si dalam laporannya mengatakan kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini diikuti sekitar 100 orang yang terdiri dari PPID Utama, PPID Pembantu dan Admin Sekretariat dengan Narasumber Dr.Handayani Ningrum, SE,M.Si Kepala Bidang Fasilitasi Pengaduan dan Pengelolaan Informasi Kemendagri dan Feri Novriadi,S.Kom Operator Aplikasi SAPA dan SIP PPID.

Wakil WaliKota Reinier dalam pembukaannya mengatakan, “Setiap OPD harus bisa memahami dan menguasai informasi agar bisa menyampaikan kepada orang lain dan ikuti sosialisasi ini untuk menambah pengetahuan dan dapat dimanfaatkan. Sebab informasi merupakan kebutuhan mendasar setiap orang untuk pengembangan diri pribadi ditengah lingkungan sosial, juga merupakan bagian yang penting bagi ketahanan nasional”.

Masyarakat saat ini kata Reinier  memiliki hak untuk mendapatkan informasi dan hak azazi manusia dizaman keterbukaan informasi publik yang merupakan salah satu ciri penting suatu negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat.

“Makanya setiap OPD harus bisa mengelola informasi secara baik dan transparan agar masyarakat yang membutuhkan dapat terlayani dengan baik, terutama dalam pelayanan masyarakat demi kemajuan Kota Solok dalam mendukung tercapainya Pemerintahan yang baik”, tegas Wakil Walikota.

Sementara narasumber Handayani Ningrum mengatakan, sebagai pengelola dibidang informasi PPID harus mengetahui dan memahami  setiap aturan yang berlaku dalam pengelolaan infomasi. Agar tidak disengketakan, PPID harus memahami empat kebijakan/aturan PPID dalam pengelolaan informasi yaitu: Permendagri No.3 Tahun 2017, Peraturan Komisi Informasi (PerKI) Nomor 1 tahun 2010, PerKI Nomor 1 tahun 2013.

Setiap OPD harus membuat daftar informasi publik (DIP) dan diserahkan ke Dinas Kominfo  sebagai PPID utama dan masing-masing OPD menyusun semua informasi yang tidak boleh dipublikasi (dikecualikan) setelah selesai ditetapkan melalui SK WaliKota. Bagi orang/pihak yang membocorkan Informasi dikecualikan ini akan mendapatkan sanksi.

Sementara Narasumber  Feri Novriadi menjelaskan Penjabaran Aplikasi PPID  dan bagaimana PPID Pembantu mendisposisikan permohonan informasi yang masuk  serta cara mengupload daftar informasi publik. Pada sesi ini peserta yang terdiri dari Admin OPD langsung praktek aplikasi PPID yang berlangsung hingga sore hari dan kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Media Komunikasi Publik Mukhni, SE, mewakili Kepala Dinas Kominfo.

0
0
0
s2sdefault