Arrow
Arrow
Slider


Website Resmi Pemerintah Kota Solok

Cuaca

Monday - November 20, 2017

Weather: 27°C

Solok, Minggu (12/11) – Seluruh Pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Solok menghadiri acara Peringatan Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Car Free Day Jalan Sudirman depan Klinik Tumbang Anak Kota Solok yang langsung dihadiri oleh Walikota Solok Zul Elfian. Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok dr. Hj. Ambun Kadri, MKM mengatakan bahwa Peringatan HKN yang diperingati setiap tanggal 12 November dan untuk tahun ini akan memecahkan Rekor MURI untuk Senam Peregangan Secara Serentak dengan peserta terbanyak. Adapun tema HKN tahun ini “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”.

Acara Peringatan HKN ini dilaksanakan selama 2 hari tanggal 12 s/d 13 November 2017. Untuk tanggal 12 November 2017 di Car Free Day yang didahului oleh senam masal, kemudian acara pembukaan oleh Walikota Solok, kampanye makan buah dan sayur serentak, pemberian reward berhenti merokok, doorprize dan cek kesehatan secara gratis.

Acara Apel Pagi dalam rangka Peringatan HKN ke-53 di Halaman RSUD Kota Solok, Senin Pagi (13/11), dengan Pembina Apel Walikota Solok Zul Elfian, yang dihadiri seluruh Instansi Kesehatan yang berada di Kota Solok.

Walikota Solok dalam sambutannya mengatakan, “Sehat merupakan salah satu indikator prilaku hidup bersih dan sehat yang harus kita jaga dan dipertahankan. Jika kita sehat maka kita akan mampu beraktifitas dan bekerja secara maksimal. Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)  merupakan kegiatan lintas sektor yang harus kita dukung bersama, bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan. Dinas Kesehatan disini hanya sebagai fasilitator untuk terlaksananya kegiatan Germas ini. Kita semua harus dapat menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan Germas ini yaitu mengkonsumsi buah dan sayur, melakukan aktifitas fisik dan cek kesehatan secara rutin”, ujar Walikota.

Walikota juga menambahkan bahwa “Pemberian reward berhenti merokok bagi masyarakat yang kurang mampu merupakan salah satu upaya untuk menyadarkan masyarakat tentang kesehatan dalam rangka Germas”, ungkapnya.

Pada peringatan puncak HKN ini Pemko Solok melalui Dinas Kesehatan memberikan Reward berhenti merokok bagi masyarakat yang kurang mampu yang langsung diserahkan secara simbolis oleh Walikota Solok kepada 3 orang yaitu Wiwin Mariko, Dedi Saputra, Asral yang berdomisili di Kelurahan Nan Balimo. Masing-masing mendapatkan Reward berhenti merokok sebesar Rp 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Adapun ketentuan untuk mendapatkan Reward ini adalah masyarakat Kota Solok yang kurang mampu, telah berhenti merokok berturut-turut selama 4 bulan atau lebih, mengikuti pemeriksaan Co Analizer di klinik berhenti merokok yang berada di Puskesmas Nan Balimo.

Acara dilanjutkan dengan pengundian kupon doorprize, doorprize ini disponsori oleh IDI Kota Solok, BPJS Cabang Solok, PT. Karya Agung Jabung , PT. Graha Prima Medika, RSIA Permata  Bunda, Klinik Assabil, PPNI Kota Solok, IBI, PDGI, HAKLI,PERSAGI, dll yang mana hadiah utama adalah 2 buah sepeda. Yang beruntung mendapatkan hadiah utama adalah Daffa Muarif yang merupakan pelajar kelas II SMK N 1 Kota Solok yang bertempat tinggal di Tanah Garam dan Wellycia yang merupakan Staf Puskesmas Tanjung Paku. Acara selanjutnya adalah Pemeriksaan Kesehatan secara gratis yaitu pemeriksaan Gula Darah, Asam Urat dan Kholesterol. Rangkaian Acara HKN terakhir untuk hari minggu tanggal 12 November 2017 adalah lomba Mars Hidup Sehat dan Lomba Senam Cerdik. Nama-nama Juri adalah Drs. Robert Situmeang, Mimi Rosyita, MPD, dan Edy Efri, S.Pd, MM.

Apel Pagi dilaksanakan di RSUD Kota Solok hari senin tangaal 13 November 2017 dengan Komandan Apel Walikota Solok H. Zul Elfian, SH, M.Si. Pada apel ini Walikota Solok membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53. Intinya Menkes mengajak segenap jajaran kesehatan untuk senantiasa menggelorakan semangat Revolusi Mental melalui penghayatan dan pengamalan 3 nilai utama yaitu integritas, kerja keras, dan gotong royong sehingga kita dapat mewujudkan cita-cita besar pembangunan kesehatan di Indonesia yaitu Masyarakat Sehat yang Mandiri dan Berkeadilan. Setelah Acara Apel Pagi dilanjutkan dengan pemberian hadiah Lomba, Untuk Lomba Mars Hidup Sehat Juara I : Puskesmas Tanjung Paku, Juara II : RSUD Solok, Juara III : Puskesmas KTK. Sedangkan untuk Senam Cerdik Juara I : RSUD Solok, Juara II : Puskesmas Tanjung Paku dan Juara III : Dispenduk-KB. Hadiah untuk Lomba Mars Hidup Sehat adalah Juara I : Uang Tunai sebesar Rp 750.000,-, Juara II : Rp 500.000,- dan Juara III : Rp 350.000,-. Sedangkan Untuk Senam Cerdik, Juara I : uang tunai sebesar Rp 500.000,-, Juara II : 350.000,- dan Juara III : Rp 250.000,- (JTY).