Arrow
Arrow
Slider


Website Resmi Pemerintah Kota Solok

Cuaca

Monday - November 20, 2017

Weather: 27°C

Solok, – Walikota Solok Zul Elfian bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 tingkat Kota Solok di Halaman Balaikota Solok, Sabtu, (28/10).

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut diikuti oleh seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Solok, LKAAM, Bundo Kanduang, ratusan peserta dari pelajar, TNI-Polri hingga Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintahan Kota Solok.

Wako dalam amanatnya mengatakan, “Seharusnya sejarah pergerakan pemuda pada tanggal 28 Oktober 89 tahun silam tersebut dapat menjadi teladan bagi generasi muda saat ini, yang semakin jauh dari semangat persatuan”.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda harusnya menjadi momentum membangkitkan semangat generasi muda. Sejarah 71 Pemuda dari berbagai daerah 89 tahun silam, mengajarkan generasi muda saat ini, arti kekuatan pemuda,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wako menyebutkan Api semangat sumpah pemuda yang dinyalakan dalam kongres kedua pemuda harus diwarisi oleh segenap generasi muda saat ini dalam mengisi kemerdekaan, apalagi ditengah kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan.

“Padahal dimasa itu, masih banyak keterbatasan dan kekurangan tidak seperti sekarang. Sangat disayangkan dengan berbagai kemudahan yang ada saat ini justru pemuda lebih sering berselisih paham, apatis dan sibuk dengan diri sendiri,” sebut Zul Elfian.

Pemuda semestinya berada di garda terdepan dalam membangun daerah. Ujung tombak dalam melawan upaya adu domba dan pecah belah yang dilakukan pihak-pihak tidak bertanggungjawab. Pemuda Indonesia, Pemuda Kota Solok harus berani bersatu.

“Pemuda merupakan cerminan kemajuan daerah, saatnya pemuda kota Solok bangkit dari keterpurukan dengan mewarisi semangat sumpah pemuda. banyak hal yang bisa dibuat oleh pemuda dalam mendorong kemajuan daerah,” ungkapnya.

Sumpah atau ikrar yang digaungkan Pemuda kala itu di Gedung Juang, kawasan Kwitang, Jakarta mampu merangkul seluruh elemen bangsa untuk bersatu padu dan teguh dalam satu kesatuan, Satu tanah air, Satu bangsa dan satu bahasa.

Pembacaan teks keputusan pemuda yang dibacakan oleh perwakilan DPD KNPI Kota Solok, seolah membius dan menggugah api semangat pemuda kota Solok. Pembacaan teks tersebut turut diiringi pasukan bhineka tunggal ika yang mengenakan pakaian adat dari sejumlah daerah dan perwakilan perkumpulan pemuda dari berbagai daerah di Indonesia.

Sumber : Info Publik