Arrow
Arrow
Slider


Website Resmi Pemerintah Kota Solok

Cuaca

Monday - November 20, 2017

Weather: 27°C

Solok, – Wakil Walikota Reinier buka Bimbingan Teknis Sistim Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT)  Dinas Sosial Kota Solok, di Aula Bappeda Kota Solok Rabu, (25/19/17).

Kepala Dinas Sosial Dra. Rosavella YD, MM dalam laporannya mengatakan Bimtek ini diikuti 70 orang fasilisator yang akan disebar diseluruh Kelurahan. Kegiatan ini akan berlangsung  selama dua hari hingga Kamis (26/10) dengan materi bimbingan yang diperoleh meliputi empat materi, yakni penjelasan mengenai SLRT dan Puskesos, program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, petunjuk teknis aplikasi SLRT, serta “role play front office/back office” SLRT dan Puskessos.

Kegiatan yang bersinergi dengan Direktorat Pemberdayaan Sosial Perorangan Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat Kementerian Sosial RI  ini akan meningkatkan kompetensi petugas, khususnya dalam Sistim Layanan Rujukan Terpadu,”tutur Roza.

Wakil Walikota Reinier dalam sambutannya mengatakan Pada dasarnya penyelenggaraan kesejahteraan sosial dilakukan dalam upaya memenuhi taraf kesejahteraan warga masyarakat, mengingat kompleknya permasalahan kemiskinan,” ucapnya.

Oleh karena itu kata Reinier penanganan perlu dilakukan secara terintergrasi dan terpadu yang sekaligus mampu memberikan solusi layanan yang dibutuhkan masyarakat secara terintegrasi, untuk itu dibentuklah sebuah SLRT dengan harapan pelayanan kemiskinan dan permasalahan sosial dapat terlaksana secara sinergitas antara OPD terkait di Solok.

Dikatakan, dengan adanya Bimtek SLRT dan Puskesos para peserta yang mengikuti bimtek dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memahami dan merumuskan langkah-langkah terbangunnya sistem tersebut. Sistem ini diharapkan dapat dijadikan tempat untuk mencari solusi permasalahan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), “tegas Wakil Walikota.

Kegiatan ditandai dengan pemasangkan PIN kepada perwakilan peserta Bimtek oleh Wakil Walikota didampingi Kadis Sosial dan Ahmad Abdullah selaku Koordinator Kemensos RI untuk penyerahan secara simbolis 50 unit Tablet dalam mendukung kegiatan SLRT di Kota Solok, bantuan  Kemensos RI.

Sementara itu, Koordinator Dukungan Pemerintah Daerah Setnas SLRT Kemensos, Ahmad Abdullah mengatakan Bimtek tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi penyelenggara SLRT, sehingga mampu menjalankan peran, tugas dan fungsi dalam mempersiapkan penyelenggaraan program itu.

Sumber : Info Publik