Arrow
Arrow
Slider


Website Resmi Pemerintah Kota Solok

Cuaca

Monday - November 20, 2017

Weather: 27°C

Solok, Kamis (26/10) – Sekitar 25 Hektar lahan pertanian dalam wilayah Kelompok Tani Harapan Baru Tanjung Paku Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok akan ditanami pohon durian  varietas unggul. Hal itu terungkap ketika Wakil Walikota Reinier  mengadakan pertemuan dengan anggota kelompok tani Harapan Baru dan Dinas Pertanian Kota Solok serta Badan Penelitian Tanaman Buah (Balitbu),  di rumah salah seorang warga di Tanjung Paku.

Lebih lanjut Wakil Walikota mengatakan dengan ditanam bibit durian unggul dari Balitbu ini  nantinya dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Kota Solok, khususnya masyarakat di Kelurahan Tanjung Paku. Mengingat, saat ini produksi Durian secara Nasional belum mampu memenuhi kebutuhan pasar nasional.

Reinier mengharapkan Dinas Pertanian Kota Solok untuk terus melakukan bimbingan teknis pertanian secara baik. “Yang paling dibutuhkan ialah inventaris mengenai jenis tanaman apa yang cocok dengan wilayah Kota Solok, kami harapkan kepada Dinas Pertanian untuk mengkaji hal itu,” ujar Reinier.

Apalagi, satu-satunya di wilayah Sumatera Barat yang memiliki Balitbu hanya di Solok. Namun, belum termanfaatkan dengan sempurna sehingga produk pertanian belum maksimal. “Padahal ini kesempatan yang sangat besar untuk memajukan produksi Kota Solok di bidang pertanian. Kedepannya kita akan terus memajukan peluang yang sangat besar ini,” ungkapnya.

Sektor pertanian akan menjadi andalan mendongkrak perekonomian masyarakat Kota Solok. Pemikiran untuk menjadi ASN harus diubah, karena peluangnya yang sangat kecil. Lebih baik masyarakat Kota Solok memilih untuk menjadi petani, melihat peluang untuk sukses di pertanian sangat besar. “Dengan menjadi petani sukses, semoga perekonomian masyarakat kota solok akan lebih baik lagi nantinya,” harap Reinier.

Sementara  Ketua Kelompok Tani Harapan Baru Rinal, mengharapkan kepada para petani yang akan mendapatkan bibit untuk segera melakukan penanaman bibit tersebut.

Hal ini dikarenakan pengalaman masa lalu, setiap bibit yang diberikan oleh Pemerintah hanya dibiarkan terletak dirumah hingga membusuk, tentu ini sangat merugikan bagi kita semua.

“Kita semua harus menghargai bantuan bibit durian dari Pemerintah Kota Solok dengan cara menanaminya di lahan-lahan pertanian dan lahan tidur. Semoga dengan adanya bibit durian unggul ini, akan bisa menghasilkan durian yang berkualitas dengan nilai jual yang tinggi,” ujar Rinal.