Arrow
Arrow
Slider


Website Resmi Pemerintah Kota Solok

Cuaca

Monday - November 20, 2017

Weather: 27°C

Solok, Rabu (27/9) – Walikota Solok buka kegiatan Sosialisasi dan Workshop Evaluasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Solok Tahun 2005-2025 untuk seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Sekretaris dan Kasubbag Program di Aula Bappeda Kota Solok, dengan nara sumber  Direktur Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Dirjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri  Ir.Muhammad Hudori,M.Si dan Kasubdit Perencanaan dan Evaluasi Wilayah I, Ir.Suprayitno,MA serta dua orang tenaga ahli.

Walikota Solok diwakili  Rusdianto,SIP,MM dalam sambutannya mengatakan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Solok Tahun 2010-2015 dan 2016-2021 telah terjadi perubahan kebijakan nasional dan juga perubahan kondisi daerah yang menyebabkan asumsi pokok dalam perencanaan pembangunan jangka panjang menjadi tidak relevan lagi.

Hal itu Perlu dilakukan tinjauan terhadap RPJPD Kota Solok agar rencana pembangunan daerah dapat menyesuaikan dengan perubahan kebijakan nasional dan perubahan kondisi Kota Solok,” tutur Rusdianto yang juga Sekda.

Disamping sasaran yang telah ditetapkan dalam RPJPD Kota Solok 2005-2025 terdapat beberapa sasaran yang sulit dicapai sampai Tahun 2025, serta belum mencantumkan indikator kinerja capaian. “Untuk menjamin agar RPJPD Kota Solok sesuai dengan kebijakan nasional dan kondisi daerah, maka tahun ini kita akan melakukan evaluasi terhadap RPJPD, “jelasnya.

Makanya kegiatatan RPJPD  Kota Solok telah berjalan selama 12 tahun dirasa perlu dievaluasi melihat perkembangan pembangunan juga dilatar belakangi Peraturan Pemerintah Nomor 18/2016 tentang Perangkat daerah.

“Melalui Workshop ini diperoleh informasi, acuan serta pedoman dalam rangka evaluasi, untuk itu diminta kepada para peserta untuk serius dan aktif sehingga evaluasi RPJPD untuk menyusun arah pembangunan yang lebih responsif dan realistis bagi kesejahteraan masyarakat Kota Solok dapat bejalan lacar sesuai yang diharapkan, tegas Walikota mengakhiri.