Arrow
Arrow
Slider


Website Resmi Pemerintah Kota Solok

Cuaca

Tuesday - December 12, 2017

Weather: 20°C

PenyampaianTentatif Jadwal Kegiatan HUT Kota Solok ke-47 

Dalam rangka turut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kota Solok yang ke-47 Tahun 2017, bersama ini kami sampaikan kepada Bapak/Ibu/Sdr/I, jadwal acara pendukung Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Solok yang ke-47 Tahun 2017 yang telah disampaikan dan dilaporkan oleh Organisasi Perangkat Daerah di Kota Solok (sebagaimana terlampir).

Terhadap jadwal sebagaimana dimaksud, diharapkan kiranya partisipasi dari Bapak/Ibu/Sdr/i beserta seluruh karyawan dan karyawati yang ada dilingkup kerjanya, untuk dapat berperan aktif dan ikut serta meramaikan rangkaian acara dimaksud. Demikianlah disampaikan kepada atas perhatian serta kerjasamanya diucapkan terimakasih.

Download lampiran.pdf

Perekonomian

Lapangan Usaha Utama
Mayoritas penduduk usia produktif bekerja pada lapangan usaha perdagangan kurang lebih 33 % diikuti usaha jasa-jasa 32 % lapangan usaha pertanian 16 %. Mata pencaharian utama ini sekaligus memperlihatkan kondisi penyerapan tenaga kerja Kota Solok yang didominasi oleh sektor perdagangan dan jasa dengan dukungan sektor pertanian, sebagai ciri masyarakat agraris.

 

Perdagangan
Sektor perdagangan merupakan salah satu sektor penggerak utama kegiatan perekonomian dan pembangunan di Kota Solok yang perkembangannya hingga saat ini cukup menggembirakan. Hal ini didukung oleh letak Kota Solok yang strategis karena berada di persimpangan jalur lalu-lintas perekonomian Sumatera Barat sehingga sektor ini dimungkinkan untuk dikembangkan sebagai sektor utama penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sampai tahun 2014 usaha perdagangan di Kota Solok didominasi oleh pedagang kecil yang sebagian besar bergerak di bidang jasa, sedangkan perusahaan yang beroperasi di Kota Solok sebagian besar berbentuk PO.

 

Industri
Sektor Industri di Kota Solok pada umumnya didominasi oleh industri kecil dan industri menengah yang menyerap tenaga kerja hampir 2.500 orang. Upaya pengembangan industri ini terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Solok melalui kegiatan pengembangan usaha industri, khususnya industri kecil berupa pengelolaan usaha dan manajemennya. Kegiatan ini menitikberatkan pada pelatihan para pengrajin industri kecil agar mampu mengelola dan mengembangkan usahanya agar dapat menghasilkan produk yang dapat bersaing dengan produk sejenis dari daerah daerah.

Potensi Pariwisata Kota Solok

Di Kota Solok terdapat beberapa obyek wisata baik berupa objek wisata alam maupun obyek wisata sejarah/budaya yang tersebar pada 2 kecamatan. Obyek wisata alam yang menjadi fokus pengembangan di masa mendatang adalah Taman Rekreasi Pulau Belibis yang terletak di kelurahan Kampung Jawa dan berjarak + 3 km dari pusat kota. Pulau Belibis merupakan suatu kawasan wisata yang didukung oleh beberapa objek wisata seperti Taman Pramuka dan Arena Pacuan kuda Ampang Kualo. Pada kawasan ini terdapat sebuah telaga yang cukup besar dan hidup sejenis unggas yang dinamakan Burung Belibis. Kawasan ini juga dilengkapi arena pancing, taman burung dan arena bermain anak-anak.

 

Kontak Kami

Letak Geografis

Utara : Kecamatan Nagari Tanjuang Bingkuang, Aripan, dan Kuncir Kab.Solok.
Selatan : Kecamatan Nagari Gaung, Panyakalan, Koto Baru, Selayo Kabupaten Solok, Nagari Muaro Paneh dan Kota Padang.
Timur : Kecamatan Nagari Saok Laweh, Guguk Sarai dan Kecamatan Gaung Kabupaten Solok.
Barat : Kecamatan Nagari Selayo, Koto Sani Kabupaten Solok.

 

Visi & Misi

Visi

Terwujudnya masyarakat Kota Solok yang beriman, bertaqwa, dan sejahtera menuju kota perdagangan, jasa, serta pendidikan yang maju dan modern.

 

Misi

1. Mewujudkan kehidupan masyarakat yang berlandaskan ABS-SBK "Syara' Mangato Adat Mamakai".
2. Mewujudkan penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik dan bersih serta reformasi birokrasi.
3. Mewujudkan pendidikan dan kesehatan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang berkualitas untuk menghasilkan sumber daya manusia dan generasi muda yang beriman, sehat, cerdas, kreatif, tangguh dan berdaya saing.
4. Menjadikan Kota Solok sebagai pusat perdagangan hasil-hasil pertanian, perkebunan dan ekonomi kerakyatan yang tangguh berbasis potensi unggulan daerah melalui perdagangan, pariwisata dan jasa lainnya serta menciptakan iklim investasi yang kondusif.
5. Menekan angka kemiskinan dan mengurangi permasalahan sosial lainnya.
6. Mewujudkan pembangunan prasarana dan sarana yang berwawasan lingkungan.

 

More Articles ...

  1. Letak Geografis
  2. Demografi